Bukit Panyaweuyan Primadona Baru Trek Sepeda Di Majalengka

Majalengka yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan, Ciamis, Cirebon dan Sumedang ternyata menyimpan trek atau jalur bagi penggila bersepeda gunung.

Walau bersuhu sedikit agak panas dikotanya bukan berarti tidak ada daerah perbukitan diwilayah tersebut, karena Majalengka posisinya berada di kaki gunung Ciremai (cereme) salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat.

Selain terkenal dengan produksi genteng Jatiwangi ternyata Salah satu trek yang sedang menjadi primadona para goweser ada di kota Majalengka yaitu tepatnya di Panyaweuyan Kecamatan Argapura, Majalengka.

Beberapa lokasi di kecamatan Argapura berbentuk bukit dengan ketinggian 400-1000 mdpl, dengan kemiringan tanah sampai 40% tentunya kawasan ini menjadi kawasan yang sangat cocok untuk dijadikan perkebunan dan pertanian, dengan kontur tanah terasering membuat keindahan begitu terlihat dikala pagi dan sore hari.

 Adanya jalan stapak atau istilah lainnya single trek diantara perbukitan tersebut justru menjadi daya tarik sendiri bagi penikmat sepeda untuk menjajal trek ini. Selain itu lokasi bukit Panyaweuyan ini cukup dekat dengan destinasi wisata air terjun Muara Jaya yang tentunya bisa menjadi target finish dalam bersepeda.

Lalu jenis sepeda apa saja yang cocok buat mencicipi jalur ini, dari beberapa informasi yang didapat trek ini masih bisa dijajal dengan sepeda MTB model Hard trail akan tetapi lebih bagusnya jika sepedanya adalah bertype double suspensi atau fullsus tapi ingat tidak perlu Sepeda Downhill yang bertype All Mountain sudah sangat cukup.

Namun yang harus tetap diperhatikan adalah jangan sampai kegiatan bersepeda dapat merusak tanaman yang dilewati jadi tetap menjaga kelestarian yang ada disekitarnya.

Sumber Tulisan :

1. Berbagai tulisan di google
2. Fhoto : http://www.wisatajabar.com/

1 komentar:


EmoticonEmoticon