Tak kenal maka tak sayang, begitupun dengan sepeda yang kita punya alangkah baiknya kita mengenal beberapa istilah yang ada atau yang menempel di sepeda yang biasa kita tunggangi. Kenap harus tahu karena dengan begitu akan lebih memudahkan dalam perawatan atau ketika akan melakukan upgrade/ganti sparepart sepeda.
Terkadang ada kesalahan dalam memahami bagian mana saja yang menjadi penting ketika akan melakukan upgrade, maka untuk mempermudahnya berikut adalah beberapa penjelasannya :
Handle Bar
Istilah lainnya yang lebih popular adalah stang. Handle bar adalah kendali dari sepeda,
kontrol gigi transmisi, rem depan-belakang terdapat di handle bar ini. Pilihlah
handle bar yang sesuai dengan kebutuhan dan postur badan anda agar nyaman
digunakan.
Top Tube
Adalah bagian dari frame/rangka sepeda bagian atas. Sesuaikanlah ukuran frame dengan postur tubuh
anda agar nyaman digunakan.
Down Tube
Termasuk bagian dari frame/rangka sepeda, melitang dari Head Set dan terhubung
langsung dengan Top Tube Seat, Stay dan Rumah BB (Buttom Bracket).
Shifter
Grupsets (komponen) pemindah kontrol gigi tranmisi, berguna untuk menggerakan
FD (Front Derailleur) dan RD (Rear Derailleur), Shifter yang telah beredar
dipasaran saat ini telah mempunyai penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk
Shifter FD biasanya hanya terdiri 2 – 3 speed.
Handgrip
Adalah pembungkus Handle Bar (stang) berbahan terbuat dari karet/tape. Handgrip
yang baik adalah hangrip yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis karena
sangat berpengaruh kenyamanan bersepeda. Aturlah Handgrip agar pas dengan
ukuran stang dan tidak mudah berputar saat digunakan.
Brake Lever
Merupakan tuas Rem (depan-belakang) aturlah Brake Lever sesuai dengan kenyamaan
anda ketika bersepeda, usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah Lever
(tuas).
HeadSet
Termasuk bagian depan Frame yang didalamnya mempunyai bearing dan komponen
lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan Fork (suspensi) depan dengan Stem
dan Handle Bar.
Stem
Adalah bagian kendali sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan Handle Bar, Headset
dan Fork (suspensi) depan. Stem tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi
depan yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart. Jika
anda merasa stem anda terlalu panjang, anda bisa menggantinya dengan ukuran
stem yang pendek agar tiadak terlalu membungkuk dalam bersepeda.
Sadle
Adalah tempat duduk pengendara, untuk sepeda sepeda gunung berukuran lebih
tebal dibandingkan dengan roadbike. Aturlah posisi Sadle supaya benar-benar
lurus (horizontal), atur maju dan mundurnya Sadle usahakan tidak terlalu jauh
atau terlalu dekat dengan Hadle Bar. Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan
tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
Seat Post
Dudukan Sadle penghubung antara dengan frame/rangka sepeda, posisi vertikal
sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah naik sepeda pada posisi
berhenti, luruskan kaki anda hingga benar-benar meraih pedal. Jika posisi kaki
masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal posisi pedal sudah dibawah
hal ini pertanda bahwa Seat Post anda kurang tinggi. Aturlah Seat Post hingga
benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.
Seat Stay
Merupakan bagian belakang frame. Untuk sepeda gunung dual suspension Seat Stay
biasanya berupa swing arms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan
suspensi belakang.
Pedals
Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga sepeda bisa bergerak
(digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
Crank Set
Adalah komponen lengan yang menghubungkan pedals dengan Chain Rings.
Chain Ring
Komponen tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain Rings).
Berfungsi untuk menghubungkan rantai
dengan Crankset.
Chain
Rantai. Merupakan komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang
bertugas menghubungkan Crankset Chain Ring dengan komponen Roda belakang,
sehingga sepeda dapat melaju.
Idler Pulley
Adalah bagian dari Rear Derailleur (RD), yang berupa gir (gigi) kecil disertai
tension (biasanya berupa per-pegas) yang berfungsi agar chain (rantai) tetep
lurus dan tidak kendor.
Front Derailleur
Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi untuk mengatur pemindahan gigi
depan (Chain Rings). Lebih dikenal dengan istilah FD, yang terhubung langsung
dengan Shifter.
Rear Derailleur
Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi mengatur pemindahan gigi belakang.
Lebih dikenal dengan istilah RD, terhubung langsung dengan Shifter.
Rims
Merupakan komponen Wheel set (roda) yang lebih dikenal dengan Velg (pelek)
sepeda.
Tire
Ban. Terbuat dari karet, sesuaikanlah jenis dan ukuran ban dengan kebutuhan
anda. Ukuran ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil dan motif
standart. Untuk ada yang menggemari off road atau bahkan downhill pilihlah
jenis ban dengan tapak lebar dan motif khusus full off road.
Front Fork
adalah suspensi depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda
(whellset) depan dengan kemudi (Handle Bar). Fork yang beredar di pasaran
tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Sesuaikanlah jenis dan ukuran fork
dengan kebutuhan anda, untuk medan aspal gunakan fork dengan panjang travel
standart, sedangkan untuk penggemar downhill biasanya menggunakan travel yang
panjang.
Master Diskbrake
Komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi kampas rem. Komponen ini berfungsi
untuk menjepit disk brake ketika kita melakukan pengereman.
DiskBrake
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan wheelset baik depan atau
belakang.
Spokes
Jari-jari Roda, menghubungkan Hub dengan Rims (pelek).
Hub
Terletak ditengah roda, disinilah jari-jari dan Rims (pelek) terhubung.
Komponen didalamnya terdapat bearing (gotri).
Sumber :
1. Gambar : www.infobacan.com
2. Tulisan : http://belpinbike.blogspot.co.id/
EmoticonEmoticon