Memilih Ukuran Ban Sepeda

Bersepeda akan terasa nyaman ketika kita tepat dalam pemilihan komponen sepeda diantaranya adalah ban sepeda. Ban sepeda sendiri dikenal ada dua jenis yaitu untuk trek offroad dan onroad selain itu ban sepeda juga dilihat dari ukurannya, jenis pull/batikan/kembangan serta bahan ban.

Semakin kecil ukuran ban tentunya akan semakin ringan ketika mengayuhnya akan tetapi trek yang dilalui hanya jalan berkontur aspal, dan semakin lebar tentunya memberikan keamanan dan kenyamanan tersendiri sekalipun trek yang dilibas adalah trek tanah yang basah.

Berkembang teknologi jenis ban dengan kembangan/pull/batik dengan tonjolan sedang paling banyak dipakai karena bisa dipakai dijalan aspal maupun kontur tanah (XC), namun akan lebih bijak untuk penggunaan ban tetap menyesuaikan trek yang akan dilalui.

Beberapa merk ban memberikan pilihan yang banyak selain ukuran juga kembangannya, dari segi harga ban bisa kita dapatkan dengan harga cukup murah yaitu kisaran 35 ribu dan paling mahal bisa diatas 500 ribuan. Rentang harga ini menunjukkan semakin mahal ban sepeda semakin menunjukkan peruntukan ban sepedanya itu sendiri serta kualitas bahannya tapi bukan berarti ban dengan harga murah kualitasnya murahan, hal itu tidak terbukti karena penulis sendiri untuk kegiatan B2W menggunakan ban luar sepeda dengan harga 40 ribuan dan cukup mumpuni di trek ngaspal.

Yang sering bermain sepeda jenis All Mountain atau Downhill tentunya akan memilih jenis sepeda ukuran diatas 2.25 karena trek yang dilalui membutuhkan kestabilan pada saat kecepatan tinggi selain itu ukuran lebar ban yang besar memberikan keamanan cengkraman pada saat ban menapak ditanah disaat terjadi jumping atau pada saat turunan dengan kecepatan tinggi.

Jika kelas bermain sepeda kita XC maka ukuran ban 1,75 - 2.25 adalah rentang ukuran yang disarankan. Dan jika kita bersepeda lebih memilih ngaspal seperti B2W atau Touring maka pilihan ban 1,25 - 1,90 adalah rentang yang disarankan.

Ukuran sepeda yang paling sering dipakai oleh goweser saat ini adalah ukuran 2.10 - 2.25.

Ada kecenderungan memilih ban sepeda lebih ke gaya buat sepedanya, terkesan semakin besar ban maka sepeda semakin keren, memang betul kalau untuk tampilan tapi kalau salah dalam penggunaan dan jenis trek yang dilalui yang ada malah tenaga kita cepat terkuras, contoh jika memang kondisi trek kita dominasi sebagian besar aspal tak ada salahnya menggunakan ban sepeda full tanpa kembangan atau yang ada kembangan dipinggirnya atau full ada kembangan tapi dibagian tengah tidak terlalu menonjol (contoh Maxxis Crossmark).

Jadi bijaklah dalam memilih ban sepeda jangan terbawa arus, sesuaikan dengan budget yang ada

Beberapa merk ban  sepeda yang direkomendasikan adalah :

- Maxxis
- CST
- Kenda
- WTB
- Pannacer
- Michelin
- dan lainnya.
Keterangan Foto :

- Sepeda jenis Federal dengan menggunakan Ban CST Traveller ukuran 26-1.90 dengan jarak tempuh hampir 87 k.

(Omiyan)

1 komentar:


EmoticonEmoticon